Tips memilih open source

gak terasa udah lama banget gak update blog, karena sibuk kerjaan yang seabreg dan tuntutan musti bergaul ama M****soft dan antek-anteknya (meskipun sebenernya gw gak seneng banget, karena dapet kerjaan extra banyak buat mikirin license schema, budgeting, dll, dll, dulu gak pernah mikir budget dan license, karena open source, tinggal cari, testing, kalo hasilnya ok, implementasi deh).

buat gw yang open source minded, kumpul ama M*soft and the gank, jadi serba terbatas, karena keruwetan license, tapi kalo gak pake license, bisa berakhir di penjara !

back to topic, tips memilih open source application;

orang mungkin akan bertanya emang ada program buat penjualan ato buat warehouse, ato buat ini.... itu... yang bisa dipake tanpa harus keluarin cost yang besar... (orang bilang program gratisan, sebenernya gak ada yang gratis, para developer bekerja dan membayar harga untuk spend waktu dan tenaga untuk develop applikasi itu, sehingga kita bisa pake almost free, karena mereka sudahmembayarnya)

untuk pertanyaan ini jawabannya BANYAKs...!!

jangankan buat program kecil-kecil gitu, applikasi segede gajah, enterprise resource planning (a.k.a ERP) sekelas ama SAP, Infor LN, JD Edward, Oracle Business suite dll, yang open source aja ada!,
aplikasi HIS (hospital information system) yang mahal setengah mati, yang open source juga ada...! dan gak cuman satu... tapi banyak.

cuma memilih yang mana yang cocok dengan kebutuhan kita, itu hal yang lain.

sekedar share tips dari hasil pengalaman pribadi, kalo ada yang gak setuju ato punya pandangan lain silahkan berkontribusi disini :) we are open source community.
  • kenali kebutuhan applikasi anda secara detail, feature apa aja yang dibutuhkan, kriterianya apa aja, ya... kira-kira cukup untuk menghandle kerjaan 3-5 tahun kedepan (kenapa gak 100 tahun kedepan, teknologi cepat berubah, jadi bakalan kuno banget kalo 100 th baru upgrade, tapi kalo tiap tahun upgrade bakalan repot ngurusin upgrade melulu, gak kerjain main job-nya), point ini penting agar dapat menemukan applikasi open source yang dapat memenuhi kebutuhan.
  • kunjungi website sourceforge.net cari applikasi yang dimaksud dengan keyword yang tepat dan specific, gak usah aneh kalo hasilnya banyak sekali ato malah gak ada sama sekali, bisa jadi keywordnya salah, akan lebih mudah cari lewat menu find software disitu ada kategory applikasi yang sudah mereka sediakan dan ini akan sangat membantu.
  • pilih 3-5 applikasi yang rating relatednya, prosentasenya paling tinggi (semakin tinggi semakin related dengan keyword yang kita cari), rating downloadnnya paling tinggi (artinya banyak yang pake), activitynya tinggi (komunitasnya hidup banyak update, patch dan community suport) dan deskripsinya yang paling sesuai.
  • setelah dapet beberapa kandidat, kunjungi websitenya dan baca features yang ada, cari juga review dari orang orang yang sudah pake software tersebut, ato dari expert yang compare applikasi tersebut dengan applikasi open source yang lain.
  • cari yang dapat memenuhi kebutuhan di point pertama, biasanya kita tergoda untuk mencari applikasi lebih dari yang dibutuhkan, semakin besar dan komplex applikasi semakin susah diimplementasikan.
  • project of the month dari Sourceforge.net juga merupakan referensi yang bisa di jadikan masukan dalam menentukan yang mana yang perlu di explore lebih lanjut.
  • the best open source of the year juga bisa jadi referensi bagus untuk mempertimbangan kira-kira mana yang bagus, percaya aja mereka terdiri dari orang-orang yang lebih ngerti dan dapat dipercaya untuk menentukan mana yang the best.
  • review dari linux.com juga layak dibaca karena mereka mereview dan ada comment-comment dari members yang ada.
  • karena open source publikasinya gak seheboh proprietary software, makannya kita perlu baca banyak review dari komunitas, supaya kita gak trial error, yang bakalan lebih banyak errornya daripada trialnya :D karena bisa jadi kita salah ngerti flow sistemnya.
  • download manual atau dokumentasi projectnya dan baca supaya memberikan gambaran mengenai flow system applikasinya.
  • setelah merangkum hasil-hasil tersebut kita dapat melakukan testing install dan melakukan simulasi sesuai dengan kebutuhan di point pertama, apakah applikasi tersebut dapat memenuhi semua features yang kita butuhkan atau tidak, jika semua applikasi memerlukan modifikasi pilih applikasi yang paling sedikit memerlukan modifikasi.
  • selanjutnya implementasi and join milis ato forum untuk applikasi yang digunakan sehingga jika ada problem banyak yang bisa kasi saran, sukur kalo ada training dan supportnya, jadi bisa ikut training untuk mengetahui detail di dalam systemnya dan kalo gak mau repot, bisa pake support dari mereka yang akan memudahkan kita dalam implementasi.
  • good luck.
kayaknya itu dulu deh, simple tapi gak gampang dikerjain :)

memiliki pedang terhebat tidak menjadikan kita pendekar pedang terhebat, kerja keras dan konsistensi yang menjadikannya -vins

in other words memiliki applikasi terbaik tidak menjadikan perusahaan kita otomatis menjadi perusahaan terbaik, tergantung bagaimana kita memanfaatkan applikasi tersebut untuk mendukung mencapai goal perusahaan.

Comments

Popular posts from this blog

Elgg - Open Source Social Networking Engine.

Sakai Project